Pages

Sunday, January 25, 2015

Profil maskapai Firefly

Profil Firefly

Firefly (FY/FFM) adalah anak perusahaan dari maskapai penerbangan Malaysia Airlines dengan tarif rendah atau Low-Cost Carrier (LCC). Lain dengan LCC pada umumnya, Firefly berfokus pada rute-rute regional di kawasan Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT).
Firefly diposisikan sebagai maskapai penerbangan komunitas yang menargetkan konsumen di Indonesia, Malaysia, Thailand dan Singapura dengan harga tiket yang relatif murah. Walaupun berstatus anak perusahaan, Firefly dan Malaysia Airlines dioperasikan oleh manajemen yang berbeda.
Firefly memberikan kenyamanan penerbangan seperti: pelayanan terbaik, bagasi check-in hingga 20 kg, pilihan menu makanan dan minuman selama penerbangan yang dapat dibeli saat penerbangan. Mulai November 2014, Firefly bekerjasama dengan Circle K Malaysia dalam menghadirkan makanan cepat saji yang dapat dibeli di bandara.
Firefly yang dipimpin oleh Ignatius Ong berhasil mendapat banyak penghargaan. Pada tahun 2010, Firefly mendapat penghargaan Value Airline of the Year oleh Frost & Sullivan. Di tahun 2012, The Putra Brand Award menganugerahkan Firefly sebagai 'The Most Promising Brand of The Year".

Armada Pesawat Firefly

$airlineData.getName() ATR72-500ATR72-500
16 pesawat

Perubahan/Pembatalan/Refund Firefly

Prosedur Refund

Untuk keterangan lebih lanjut silahkan baca halaman FAQ ketentuan dan prosedur refund.

Ubah Nama

Tidak bisa.

Reroute/Pindah Rute

Tidak bisa.

Rebook/Reschedule

  1. Hanya dapat dilakukan melalui Call-Center Firefly: +6261 4150077.
  2. Perubahan jadwal penerbangan dapat dilakukan selambat-lambatnya 48 jam sebelum waktu keberangkatan.
  3. Untuk tiket harga promo/terendah, perubahan ini dikenakan biaya perubahan per orang dan per sektor, plus selisih harga tiket.

Pembatalan (Cancellation) & Refund:

Tidak bisa.
Setelah melakukan transaksi tiket pesawat, Firefly tidak memperbolehkan refund untuk alasan apapun termasuk kompensasi akan segala jenis kehilangan atau ketinggalan pesawat. Hal Ini diterapkan karena perusahaan berfokus kepada penekanan biaya penerbangan agar tetap rendah dan terjangkau.
Refund hanya dapat dilakukan dikarenakan oleh pembatalan sepihak dari pihak maskapai.
Biaya administrasi Traveloka: gratis.

Tiket bayi

Tidak dapat di-refund.

No Show

No Show adalah kondisi di mana penumpang yang penerbangannya telah dikonfirmasi namun tidak muncul/tidak berangkat dan tidak dibatalkan pada waktu check-in ditutup.
Untuk No Show yang terjadi setelah check-in, tiket dinyatakan sebagai TELAH DIGUNAKAN dan karenanya tidak berlaku untuk terbang lagi.

Lainnya

Pihak Firefly berhak melakukan pengubahan jadwal penerbangan atau membatalkan penerbangan jika dianggap perlu demi alasan keselamatan, komersial dan teknis. Pihak Firefly akan mengusahakan secepat mungkin untuk menyediakan peralihan dan armada pengganti. Hal ini akan diumumkan kepada para penumpang melalui pengumuman di bandara ataupun via telepon dan dilakukan oleh pihak Firefly secara langsung
Untuk pembatalan sepihak dari Firefly, refund akan diberikan 100% dan tidak dikenakan biaya pengurusan oleh Traveloka.

Sejarah Firefly

Firefly dibentuk tahun 2007 sebagai perpanjangan tangan Malaysia Airlines dalam kancah penerbangan berbiaya rendah regional (regional low-cost carrier). Dengan fokus ini, Firefly disebut sebagai maskapai komunitas (community airline) pertama di Malaysia.
Firefly melakukan penerbangan pertama kali pada 3 April 2007 menggunakan pesawat Fokker F50 dari Penang ke Kota Bharu, Malaysia. Markas Firefly di Malaysia berada di Bandara Sultan Abdul Aziz Shah (Subang Skypark) di Kuala Lumpur dengan hub di Bandara Internasional Penang di Pulau Pinang.
Pada 11 Agustus 2008, Firefly menerima lima armada pesawat ATR 72-500 menggantikan Fokker F50 yang telah digunakan sebelumnya. Pada Desember 2008, Fokker F50 dipensiunkan dari armada Firefly. Pada 18 Desember 2012, Firefly mendapat 20 armada pesawat ATR 72-600 dari MASwings, anak perusahaan dari Malaysia Airlines. Hingga September 2014, total armada ATR72-500 yang digunakan Firefly berjumlah 12 pesawat.
Pada 8 Juli 2009, penerbangan ke Singapura dari Malaysia resmi dibuka oleh Firefly dengan rute Kuantan-Singapura. Rute ke Thailand dibuka pada 24 Januari 2014 dengan penerbangan dari Malaysia menuju Bangkok, Thailand dengan rute Kota Bharu-Don Mueang.
Aliansi dengan maskapai lain dimulai pada Mei 2014 dengan penandatanganan kerjasama dengan maskapai asal Indonesia yaitu Citilink, anak perusahaan Garuda Indonesia, untuk memperluas jaringan penerbangan Malaysia-Indonesia.
Di Indonesia, Firefly melayani empat destinasi yaitu Banda Aceh, Batam, Medan dan Pekanbaru. Dengan adanya kerjasama dengan Citilink, Firefly melayani 19 destinasi Citilink di Indonesia termasuk Jakarta, Denpasar dan Yogyakarta.

Kebijakan penumpang bayi, anak-anak dan penumpang hamil Firefly

  • Anak-anak di bawah usia 12 tahun wajib ditemani seseorang yang berusia di atas 18 tahun dalam penerbangan.
  • Kereta dorong bayi, kursi roda manual, alat bantu jalan atau alat-alat mobilitas dapat dibawa masuk ke bagasi. Tidak tersedia bagasi khusus bayi.
  • Stroller atau kereta bayi dilarang di kabin pesawat.
  • Bayi diperbolehkan ikut dalam penerbangan asal berada dalam pangkuan penumpang dewasa. Maksimal satu bayi untuk satu orang dewasa.
  • Baik Bayi maupun Anak-anak dengan usia antara 9 hari - 2 tahun (24 bulan) pada hari perjalanan dikenakan tarif khusus.
  • Bayi di bawah usia 8 hari tidak diperbolehkan ikut dalam penerbangan kecuali disertai surat tertulis resmi dari dokter dan setelah orang tua bayi menandatangani Pernyataan Pertanggungjawaban.
  • Wanita hamil dengan usia kehamilan di bawah 27 minggu harus melaporkan kehamilannya saat check-in dan menandatangani Pernyataan Pertanggungjawaban.
  • Wanita hamil di antara usia kehamilan 28-34 minggu harus menyerahkan surat keterangan dari dokter dan menandatangani Pernyataan Pertanggungjawaban.
  • Wanita hamil dengan usia kehamilan di atas 35 minggu tidak diperbolehkan ikut dalam penerbangan.

Seragam Pramugari Firefly

Seragam Pramugari Firefly
Keanggunan seragam pramugari Firefly juga disertai faktor keleluasaan bergerak. Seragam berupa blazer oranye serupa dengan warna logo maskapai tersebut serta rok di atas lutut yang juga berwarna oranye. Seragam pramugara Firefly berupa kombinasi kemeja warna putih dengan rompi warna krem.

Makanan di pesawat Firefly

Makanan Firefly
Firefly menyediakan snacks secara cuma-cuma di setiap penerbangan. Untuk penerbangan lebih dari 1 jam 20 menit, penumpang dapat memesan makanan ringan serta minuman selama penerbangan dan juga saat melakukan booking online atau web check-in. .

0 Tanggapan:

Post a Comment