Pages

Saturday, January 17, 2015

Komet Lovejoy " tanda cinta Tuhan dan lawatan buat Indonesia "


Komet Lovejoy
Komet Lovejoy adalah suatu komet yang terlihat dari bumi dengan ciri lebar bagian kepala sekitar 137 meter dan panjang bagian ekor sekitar 4,5 juta kilometer. Nama komet ini diberikan berdasarkan nama penemunya yaitu Terry Lovejoy. Komet C/2011 W3 atau lebih dikenal sebagai komet Lovejoy.
Komet ini ditemukan pertama kali oleh Terry Lovejoy, astronom amatir di Australia pada tanggal 15 Maret 2007. Komet Lovejoy dianggap sebagai komet terbesar dan paling terang yang pernah dilihat oleh astronom dalam waktu 40 tahun. Komet ini membuat berita karena berhasil melewati matahari dalam jarak sangat dekat.
Komet ini memiliki masa periodik 900 tahun. Tanggal 15 Desember 2011 komet ini melintas sangat dekat dari matahari, hanya 145.000 kilometer atau sepersepuluh dari diamaternya.
 Komet Lovejoy terakhir kali melintasi orbit bumi pada 11,500 tahun silam. Anda sudah barang tentu belum ada di dunia ini, bahkan kakek buyut kita. Tapi 3 hingga 4 hari ke depan Komet Lovejoy berkesempatan muncul kembali di bumi, Anda yang berdomisili di langit cerah tanpa polusi punya kans besar merasakan pengalaman sekali seumur hidup menyaksikan Komet Lovejoy di langit bumi.
Tapi pertanyaanya, bagaimana cara menemukan Komet Lovejoy, bagaimana cara kita mencari keberadaan komet tersebut ?. Menurut Muhammad Rayhan, astronom amatir dan salah satu pembina Himpunan Astronom Amatir Jakarta (HAAJ), bahwa dalam 4 hari dimulai malam ini, komet Lovejoy akan ada di rasi Taurus. Jadi, malam ini Anda disarankan untuk mencari rasi tersebut agar berpeluang menemukan Komet Lovejoy.
Rasi Taurus biasanya akan muncul di awal malam, setelah senja lewat. Siapkan alat atau kamera DSLR di langit bagian utara, berdekatan dengan posisi kepala kita. Jadi, cara menemukannya adalah menghadap ke utara dan mendongakkan kepala ke atas.
Agar lebih mudah, Rayhan menyarankan kita menemukan penanda rasi Taurus yang divisualisasikan dengan bintang berwarna merah bernama Aldebaran. Nah, bila menemukan bintang itu, maka si komet Lovejoy berada tak jauh darinya.
Jika cara di atas tadi tidak membuahkan hasil, Anda bisa menggunakan piranti lunak bernama Stellarium yang dapat di-download secara gratis, Stellarium bisa memberi petunjuk posisi rasi Taurus, bahkan komet Lovejoy yang akan dilihat itu sendiri.
Komet Lovejoy pertama kali ditemukan oleh astronom asal Australia, Tery Lovejoy, tepatnya di tanggal 17 Agustus 2014 melalui pengamatan menggunakan teleskop 0,2 meter Schmidt–Cassegrain. Aslinya komet ini bernama C/2014 Q2, dan untuk mempermudah kemudian diberinama sang penemu, Lovejoy.
Nama Terry Lovejoy tidak hanya terkenal karena menemukan komet ini, tapi sedikitnya ia sudah menemukan lima komet, salah satunya C/2011 W3, yang juga disebut komet Lovejoy. Penampakan C/2014 Q2 Lovejoy adalah fenomena sekali seumur hidup. Setelah saat ini, komet itu baru akan tampak 8.000 tahun lagi. Jangan lewatkan!. FN-Pramita Hendra
- See more at: http://m.fastnewsindonesia.com/article/hari-kamis-ini-bisa-melihat-komet-lovejoy#sthash.WtObXM13.dpuf

0 Tanggapan:

Post a Comment