Pages

Sunday, November 9, 2014

TUGAS : 6S

1. Jelaskan tentang pengertian Organisasi sebagai Badan maupun sebagai Terstruktur!
Pengertian organisasi sebagai badan adalah suatu kelompok yang bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan tertentu, sedangkan organisasi sebagai terstruktur adalah gambaran secara skematis tentang hubungan kerja sama dari orang-orang yang terdapat dalam rangka usaha untuk mencapai suatu tujuan
2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Rentang Kendali dan Jelaskan pula faktor faktor apa saja yang menentukan tinggi redahnya Rentang Kendali!
Rentang manajemen atau rentang kendali adalah kemampuan manajer untuk melakukan koordinasi secara efektif yang sebagian besar tergantung jumlah bawahan yang melapor kepadanya. Prinsip rentang manajemen berkaitan dengan jumlah bawahan yang dapat dikendalikan secara efektif oleh seorang manajer. Bawahan yang terlalu banyak kurang baik, demikian pula jumlah bawahan yang terlalu sedikit juga kurang baik.
Istilah-istilah lain rentang manajemen: 
1. span of control
2. Span of authority
3. Span of attention atau span of supervision
Faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya Rentang Kendali yaitu :
Keluasan rentang kendali dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik yang berhubungan dengan manajer maupun bawahan serta situasi pekerjaan. Sesuai dengan pendapat Stoner yang mengatakan bahwa rentang kendali tidaklah hanya diperhitungkan dari satu segi saja, melainkan dari beberapa faktor yang mempengaruhinya, yaitu : kondisi dan situasi pekerjaan, karyawan bawahan dan manajer.
3. Jelaskan apa yang dimaksud dengan struktur organisasi matriks dan apa saja keunggulan serta kelemahannya! 
Struktur organisasi matriks adalah sebuah struktur yang menciptakan wewenang ganda dan menghubungkan departemen fungsional dan produk. Struktur organisasi matriks dapat ditemukan di agen periklanan, perusahaan pesawat terbang, laboratorium penelitian dan pengembangan dll

Keunggulan :

  • -Mendorong penggunaan secara fleksibel
  • -Mengoptimalkan penggunaan sumber daya keahlian yang dimiliki
  • -Menumbuhkan koordinasi dan integrasi yang kohesif

Kelemahan :

  • -Memberi kesempatan bagi inkonsistensi permintaan antara fungsional dan output based people
  • - Berpeluang menumbuhakan role ambiguity
  • -Tanpa keseimbangan wewenang antara manajer fungsional dengan output based coordinator, kinerja  akan terganggu
4. Jelaskan pengertian organisasi formal dan organisasi informal beserta karakteristiknya masing masing!
Organisasi formal adalah kumpulan dari dua orang atau lebih yang mengikatkan diri dengan suatu tujuan bersama secara sadar serta dengan hubungan kerja yang rasional dilakukan dengan ketentuan resmi dan peraturan yang tegas
Karakteristik organisasi formal :
-          a. Disiplin kerja diatur secara formal
-          b. Pengorganisasian jelas
-         c.  Tujuan terencana dengan jelas
-          d. Pola komunikasi relatif mapan
-          e. Ada kekhususan keahlian/profesionalisme

Organisasi informal adalah kumpulan dari dua orang atau lebih yang terlibat pada suatu aktifitas serta tujuan bersama yang tidak disadari dan dilakukan atas hubungan pribadi dan tidak resmi
Karakteristik organisasi informal :
-         a. Hubungannya informal
-          b. Jumlah anggotanya relatif kecil
-         c.  Disiplin kerja didasarkan atas kesadaran pribadi
-         d. Proses pembentukan didasarkan pada kepentingan bersama
-         e.  Kapasitas hasil kerja relatif rendah karena keterbatasan pekerja.

5. Jelaskan perbedaan antara pengelolaan Organisasi secara Sentralisasi dengan Desentralisasi! Apa keunggulan dan kelemahannya masing masing!

A. Sentralisasi

Sentralisasi adalah memusatkan seluruh wewenang kepada sejumlah kecil manajer atau yang berada di posisi puncak pada suatu struktur organisasi. Sentralisasi banyak digunakan pada pemerintahan lama di Indonesia sebelum adanya otonomi daerah. 

Kelemahan dari sistem sentralisasi adalah di mana seluruh keputusan dan kebijakan di daerah dihasilkan oleh orang-orang yang berada di pemerintah pusat, sehingga waktu yang diperlukan untuk memutuskan sesuatu menjadi lama. Kelebihan sistem ini adalah di mana pemerintah pusat tidak harus pusing-pusing pada permasalahan yang timbul akibat perbedaan pengambilan keputusan, karena seluluh keputusan dan kebijakan dikoordinir seluruhnya oleh pemerintah pusat.

B. Desentralisasi

Desentralisasi adalah pendelegasian wewenang dalam membuat keputusan dan kebijakan kepada manajer atau orang-orang yang berada pada level bawah dalam suatu struktur organisasi. Pada saat sekarang ini banyak perusahaan atau organisasi yang memilih serta menerapkan sistem desentralisasi karena dapat memperbaiki serta meningkatkan efektifitas dan produktifitas suatu organisasi.

Pada sistem pemerintahan yang terbaru tidak lagi banyak menerapkan sistem sentralisasi, melainkan sistem otonomi daerah atau otda yang memberikan sebagian wewenang yang tadinya harus diputuskan pada pemerintah pusat kini dapat di putuskan di tingkat pemerintah daerah atau pemda. Kelebihan sistem ini adalah sebagian besar keputusan dan kebijakan yang berada di daerah dapat diputuskan di daerah tanpa adanya campur tangan dari pemerintahan di pusat. Namun kekurangan dari sistem desentralisasi pada otonomi khusus untuk daerah adalah euforia yang berlebihan di mana wewenang tersebut hanya mementingkat kepentingan golongan dan kelompok serta digunakan untuk mengeruk keuntungan pribadi atau oknum. Hal tersebut terjadi karena sulit untuk dikontrol oleh pemerintah di tingkat pusat.

0 Tanggapan:

Post a Comment